Sunday, May 21, 2017

Tips Biar Sholat Kita Menjadi Khusyu

Guy's.... Ini post pertama yang akan ngebahas masalah sholat. Hasil dari copas punya orang, jadi mohon di amati baik-baik dan di irit-irit bacanya. Biar saya engga bentar-bentar bikin post. BOROS DI OTAK  GUY'S !!! Takut harga otaknya jadi murah,hehehe...

Langsung aja guy's,sholat udah merupakan kewajiban setiap muslim yang juga masuk dalam rukun islam,ialah melaksanakan ibadah sholat, khususnya ibadah sholat lima waktu. Untuk mencapai kesempurnaan dalam ibadah sholat, seseorang harus melaksanakannya dengan khusyu. Yang di maksud dari khusyu ialah serius, bersungguh-sungguh, khidmat, syahdu atau penuh penghayatan dalam melakukan ibadah sholat.
Tips Biar Sholat Kita Menjadi Khusyu
Tips Biar Sholat Kita Menjadi Khusyu


Udah merupakan kerjaan si setan untuk mengganggu dan mempengaruhi setiap cucu adam dalam melakukan ibadah, termasuk ibadah sholat. Maka cara biar ibadah sholat khusyu udah seharusnya kita pahami semua, sebab kenikmatan dari ibadah sholat itu sangat memungkinkan untuk meraih ketika seseorang mampu melaksanakannya dengan penuh rasa khusyu.

Lakukanlah tata cara sholat yang baik mulai dari niat, wudhu, gerakan, tuma’ninah, kekhusyu’an, dan sebagainya. Sholat yang asal-asalan akan memperbesar resiko ibadah sholat seseorang, yang berpotensi engga diterima oleh Allah SWT.

Sangat di harapkan untuk seluruh muslim agar selalu memperbaiki ibadah sholatnya dengan selalu mempelajari ilmu ibadah dari sumber yang benar dan dapat dipercaya. Sehingga dijadikan panutan dengan dasar Hadits Nabi Muhammad SAW serta tuntunan para imam besar.

Ada banyak cara untuk mendapatkan ibadah sholat khusyu yang di sampaikan juga oleh banyak orang melalui banyak media pula, namun yang perlu di pahami bahwa cara untuk mendapatkan ibadah sholat yang khusyu yang terpenting itu terletak pada diri sendiri. Seseorang hanya perlu memahami kiat biar ibadah sholat khusyu dan melaksanaannya kita sendiri yang menentukan, maka niat tulus dari dalam hati menjadi kunci utama.

Tips Biar Sholat Kita Menjadi Khusyu


Sertakan Hati

Dalam melakukan ibadah sholat, seharusnya bukan hanya anggota tubuh saja yang mengikuti gerakan demi gerakan ibadah sholat. Ini yang seringkali terjadi sehingga seseorang engga meraih ibadah sholat yang khusyu. Namun, perlu untuk mengikutkan hati dalam setiap ibadah sholat, dalam setiap gerakan dan bacaan dalam ibadah sholat, menjadikan hati ikut melaksanakan ibadah sholat bersama seluruh anggota tubuh .

Pahami Arti Sholat

Bacaan-bacaan lafadz takbiratul ihram sampai mengucapkan salam setelah tahiyyatul akhir di penuhi dengan bacaan-bacaan suci yang berasal dari ayat-ayat Al-Qur’an hingga do’a – do’a dalam ibadah sholat itu engga lepas dari setiap gerakan sholat.

Salah satu penyebab seseorang menjadi sulit mendapatkan ibadah sholat yang khusyu ialah engga tau apa arti dan makna lafadz yang di bacanya dalam ibadah sholat yang akhirnya membuat ibadah sholatnya berjalan begitu saja tanpa dapat dia hayati.

Baca juga : "Tips Mengatasi Bau Tak Sedap Pada Mulut Ketika Berpuasa"

Maka mulailah mempelajari dan memahami satu per satu bacaan ibadah sholat . Dan mencoba untuk terus menghayatinya dalam setiap ibadah sholat yang di lakukan.

Fokus Fokus

Pandangan ketika melakukan ibadah sholat itu di tujukan di tempat sujud, jangan melirik apalagi menengok kiri dan kanan. Itu biar lebih fokus dalam ibadah sholat . Namun yang lebih penting lagi pikiran juga harus fokus bahwa kita sementara melakukan ibadah sholat dan sedang menghadap kepada Allah SWT.

Pusatkan Pikiran Hanya Kepada Allah SWT

Kosongkan pikiran dari berbagai hal duniawi mulai dari masalah dalam pekerjaan, keluarga, sekolah, kampus, harta, tahta, wanita, pria, dan lain sebagainya. Serahkan diri sepenuhnya hanya kepadaNya untuk menjalankan kewajiban yang diperintahkan kepada kita.

Sadar Bahwa Sedang Menghadap Tuhan

Menyadarkan diri bahwa sedang berhadapan dengan Tuhan ketika sholat bisa dengan menciptakan suatu pikiran di mana sedang berhadapan dengan sesuatu yang luar biasa serta engga ada tandingannya di dunia dan di akhirat. Sesuatu yang lebih dari atasan kita, orangtua kita, preman kampung, lurah, camat, bupati, walikota, gubernur, presiden, artis, jin, setan, iblis, malaikat, dan lain sebagainya.

Mempelajari dan Memahami Arti dan Makna Bacaan Sholat

Dengan memperlajari lebih dalam mengenai arti serta makna di balik ayat-ayat yang di ucapankan ketika sholat, kemudian pahami dan hapalkan. Munculkan arti dan makna bacaan sholat ketika sedang sholat.

Menganggap Sholat Yang Sedang Dilakukan Ialah Sholat Terakhir

Setiap manusia maupun jin engga ada yang ngerti secara pasti apa yang akan terjadi di masa yang akan datang termasuk hari kematian. Anggap aja kita akan meninggal dunia ketika sholat berlangsung maupun setelah sholat. Orang mukmin yang tau dia mau wafat maupun mau kiamat besar, maka orang itu akan segera meningkatkan ibadahnya serta menjalankan ibadah dengan sebaik-baiknya.

Jika Pikiran Terganggu Segera Kembali Konsentrasi

Apabila tiba-tiba tersadar bahwa kita sedang terlena dengan buaian alam pikiran dunia kita, maka bersegeralah kembali kepada arti dan makna bacaan sholat kita atau kembali mengingat Allah SWT.

Memperhatikan Kondisi Tubuh Sebelum Sholat

Merasa nyaman dan siap untuk melaksanakan ibadah sholat dengan baik adalah cara berikutnya. Dengan memperhatikan beberapa hal seperti udah buang air, udah makan yang cukup, pikiran udah netral, bersih dari najis dan hadas, engga sedang menstruasi, dan lain sebagainya.

Memperhatikan Kondisi Lingkungan Sebelum Sholat

Usahakan cari tempat sholat yang terbaik yang dilihat dari aspek kebersihan, kenyamanan, kebisingan, gangguan orang lain, gangguan anak-anak, keamanan, perizinan, dan lain-lain.

Sholat Tepat Waktu dan Engga Terburu-Buru

Biar dapat sholat dengan khusyu,harus sholat pada waktu yang paling utama, yaitu sholat tepat waktu di awal waktunya. Untuk cowok silahkan melaksanakan ibadah sholat berjamaah di masjid atau mushola seusai panggilan adzan dan komat, sedangkan untuk cewek engga wajib untuk berjama'ah di masjid atau mushola.

Nikmati sholat di setiap detik dan merasakan sedang menghadap langsung kepada Alloh meskipun sebenarnya kita sedang diburu waktu.

Ikhlas Karena Ridho Allah SWT

Buang jauh-jauh tujuan sholat selain untuk mendapatkan ridho dari Alloh SWT semacam untuk pamer / riya, ingin dilihat atasan, ingin dilihat pacar, ingin dianggap orang sebagai orang alim, sekedar ikut-ikutan orang lain, dan lain sebagainya.

Berusaha Untuk Selalu Memperbaiki Ibadah Sholat

Muslim yang baik biasanya akan selalu melakukan perbaikan dalam setiap ibadah untuk menyempurnakan dirinya sesuai dengan Al-Qur’an dan tuntunan hadist junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Rugi guys kalo kita melakukan ibadah belum sesuai dengan kaidah yang ada serta engga ada keinginan sedikit pun untuk belajar memperbaiki diri.

Sholat Terakhir Guy's !!!

Allah SWT berfirman dalam salah satu ayatnya bahwa engga satupun manusia yang luput dari kematian, Nah loh !!!. Jadi seharusnya menjadi bahan renungan buat kita biar sholat lebih terjaga. kita akan lebih mudah mendapatkan ibadah sholat yang khusyu ketika kita selalu menanamkan dalam hati bahwa ini ialah ibadah sholat yang terakhir, setelah saya melakukan ibadah sholat kali ini maka kematian akan menjemput.

Beberapa tips biar sholat kita menjadi khusyu di atas emang engga banyak, namun kenyataannya untuk mendapatkan ibadah sholat yang khusyu juga engga perlu banyak-banyak. Cukup jika kita dapat melakukan cara-cara di atas di setiap ibadah sholat kita. Insya Allah kita akan selalu mendapatkan ibadah sholat yang khusyu.

Tips Biar Sholat Kita Menjadi Khusyu