Monday, May 29, 2017

Kamu puasa ? Tapi engga sholat ??? Baca nih hukum puasa tanpa sholat

Hukum puasa tanpa sholat - Assalamu'alaikum ukhti, akhi... Ketemu lagi di Kopikentalku.blogspot.com Kali ini akan ngebahas mengenai hukumnya orang yang ngejalanin ibadah puasa Ramadhan tapi engga ngejalanin sholat 5 waktu. Padahal kita semua tau kalo sholat 5 waktu itu hukumnya wajib. Berikut ulasannya. Simak ya ampe abis hehehe...

Hukum puasa tanpa sholat

Hukum puasa tanpa sholat
Hukum puasa tanpa sholat

Orang yang beragama islam ngejalanin puasa dengan harapan memperoleh pahala. Akan tetapi, apakah seseorang yang cuma melakukan puasa, tapi engga ngejalanin sholat tarawih ataupun sholat 5 waktu dapat pahala? Hukum puasa tanpa sholat

Drs H Fathurrrahman Azhari. Mhi Mengatakan,  perlu di bedakan dulu apakah seseorang itu meninggalkan sholat sebab mengingkari kewajibannya, malas atau engga sengaja, semacam tertidur maupun lupa. Para ulama sepakat, seseorang yang mengingkari sholat tergolong murtad serta kafir. Hadis Rasulullah SAW dari Jabir bin `Abdillah, Rasulullah SAW bersabda: "(Pembatas) di antara orang muslim serta syirik dan kafir ialah yang meninggalkan sholat."( HR Muslim nomor 257)

Namun mereka berselisih pendapat mengenai seseorang yang meninggalkan sholat karena malas. Pendapat pertama yaitu seseorang yang meninggalkan sholat karena malas engga dihukumkan sebagai kafir. Ini adalah pendapat Imam Malik, Imam asy-Syafi'i, serta salah satu pendapat Imam Ahmad.

Pendapat yang kedua adalah seseorang yang engga ngelaksana'in ibadah sholat wajib karena malas termasuk fasiq atau seseorang yang melakukan dosa besar serta pelaku harus dipenjara sehingga dia mau menunaikan sholat. Ini adalah pendapat mazhab Hanafi. (Al-Mawsu'ah Al-Fiqhiyah Al Kuwaitiiah, 22/186- 187)


Selain itu meninggalkan sholat karena engga sengaja, semacam tertidur maupun lupa, maka dia engga termasuk fasiq. Nabi muhammad SAW bersabda : "Diangkat dari ummatku dosa sebab lupa,keliru serta sesuatu yang dipaksakan kepadanya." (HR Ibnu Hibban).

Hal itu mengartikan, ibadah puasa orang kafir di anggap engga sah. Selain itu ibadah puasa seseorang fasiq di anggap sah, namun engga dapat pahala. Sedangkan puasa seseorang yang meninggalkan sholat sebab lupa atau tertidur, tetap sah dan dapat pahala.

Bagi seseorang yang puasa tapi engga ngelaksana'in sholat tarawih, engga mempengaruhi terhadap puasanya. Sebab sholat tarawih hukumnya sunnah. Namun dia engga mendapat tambahan pahala yang diperoleh khusus di bulan Ramadan.Hukum puasa tanpa sholat

Nabi Muhammad SAW bersabda: "Barang siapa melaksanakan sholat (qiyam) Ramadhan dalam keadaan beriman serta mengharap balasan dari Allah, niscaya diampuni dosa yang sudah lalu." Yang dimaksud dengan qiyamu Ramadhan yakni sholat tarawih dan ulama Sudah bersepakat bahwa sholat tarawih hukum mustahab.

Beliau mengungkapkan tentang ketentuan para ulama mengenai sunnah hukum ibadah sholat tarawih dalam Syarh Shahih Muslim serta Al-Majmu'.

Al-Hafizh Ibnu Hajar memperjelas kembali mengenai qiyamu Ramadhan dengan sholat tarawih saat Al-Imam An-Nawawi mengartikannya, yaitu qiyamu Ramadhan bisa di dapat dengan Melakukan sholat tarawih. Bukan yang dimaksud dengan qiyamu Ramadhan cuma di dapat dengan ngelaksana'in shalat witir aja.Hukum puasa tanpa sholat

Semoga bermanfaat. Bagi muslim yang sedang ngelaksana'in ibadah puasa, semoga di lancarkan dan di terima segala ibadahnya. Jangan lupa sholat 5 waktunya guy's.

Hukum puasa tanpa sholat