Wednesday, May 24, 2017

Cara sehat menjalankan ibadah puasa Ramadhan

Kopikentalku.blogspot.com - Assalamu'alaikum ukhti dan akhi, bentar lagi kita bakal melaksanakan ibadah suci puasa Ramadhan. Sebelum melakukan kewajiban sebagai muslim yaitu puasa selama satu bulan penuh, tubuh akan membutuhkan vitamin C serta Zinc untuk menjaga sistem imun dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Persiapan tersebut  juga amat penting buat ngejalanin puasa Ramadhan biar stamina tetap terjaga. Berikut cara sehat menjalankan ibadah puasa
Cara Sehat Menjalankan Ibadah Puasa
Cara Sehat Menjalankan Ibadah Puasa


Untuk menunjang persiapan menyambut puasa Ramadhan, umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa butuh asupan nutrisi yang bagus. Soalnya, nutrisi yang buruk bisa mengakibatkan berkurangnya kekebalan tubuh, rentan sakit, gangguan perkembangan tubuh serta mental, dan juga penurunan produktivitas.

Adapun nutrisi yang dibutuhkan tubuh yakni karbohidrat, protein, lemak, vitamin serta mineral. Bermacam-macam nutrisi tersebut bisa kita peroleh dengan memakan santapan yang sehat semacam sayuran sampai buah-buahan. Suplemen vitamin juga bisa membantu melengkapi kebutuhan nutrisi kamu.

Baca juga : "Tips Mengatasi Bau Tak Sedap Pada Mulut Ketika Berpuasa"

Ukthi dan akhi, perlu di ketahui bahwa beberapa nutrisi yang diperlukan buat menyambut ibadah puasa ialah vitamin C serta zinc. Vitamin C adalah nutrisi paling bagus buat melindungi sistem imun pada tubuh, gun mencegah gangguan kardiovaskular, penyakit kehamilan, infeksi mata, sampai penyakit kulit.

Vitamin C membantu menjaga sel tubuh, melindungi kesehatan tulang, serta meningkatkan penyerapan zat besi oleh tubuh dari berbagai sumber makanan. Vitamin C juga merupakan salah satu antioksidan yang bisa menjaga dari kerusakan yang dikarenakan oleh radikal bebas, dan bahan kimia beracun serta polutan semacam asap rokok.

Sedangkan zinc diperlukan tubuh buat membantu proses pertumbuhan tubuh, menjaga kesehatan, dan meningkatkan sistem imun maupun kekebalan pada tubuh.  Kombinasi dua nutrisi ini amat bagus buat mencegah kekurangan nutrisi seperti rasa letih, sembelit, pusing,lemas, mengantuk, sampai dehidrasi, yang mmumnya dirasakan oleh orang yang berpuasa. Terlebih lagi sistem imun yang bagus tentu bisa mencegah kamu mengidap penyakit yang bisa mengganggu ibadah puasa.

Sumber Vitamin C dan Zinc

Vitamin C serta zinc dapat kamu peroleh dengan memakan buah-buahan serta sayuran.  Beberapa buah yang mengandung vitamin C antara lain jeruk, kiwi, melon, stoberi, pepaya, mangga, jambu biji, serta nanas. Sedangkan sayuran yang mengandung vitamin C antara lain brokoli, ubi jalar, kubis, kembang kol, dan paprika merah.  Adapun makanan yang banyak mengandung zinc antara lain tiram, kepiting, daging sapi, kacang-kacangan, jamur, lobster, daging ayam,  gandum, sereal, susu, dan yogurt.

Ngga cuma itu aja, vitamin C dan zinc juga bisa kamu peroleh dengan memakan suplemen.  Beberapa produk suplemen multivitamin juga menawarkan Manfaat vitamin C serta zinc dalam satu tablet.

Cara Sehat Menjalankan Ibadah Puasa


Supaya ibadah puasa kamu berjalan lancar, berikut beberapa cara yang bisa menunjang persiapan puasa serta selama melaksanakan ibadah puasa kamu.

Untuk kamu yang mempunyai kondisi khusus, semacam perempuan yang sedang mengandung maupun pengidap diabetes, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter sebelum memutuskan buat berpuasa.

Perbanyaklah asupan cairan baik sebelum masa puasa Ramadhan Maupun selama puasa. Air putih ketika sahur dan buka puasa, dan pada malam hari bisa menjadi pilihan yang baik buat menghindari kamu menderita dehidrasi ketika berpuasa.

Makanlah makanan yang bergizi ketika sahur serta buka puasa maupun makan malam, dan lengkapi asupan nutrisi buat melindungi daya tahan tubuh kamu. Jauhi santapan cepat saji dan asupan kafein.

Engga cuma asupan makanan, latihan tubuh semacam berolahraga juga penting buat menunjang kesehatan badan baik sebelum dan selama puasa. Akan tetapi ketika puasa, sesuaikan jenis olahraga dengan kondisi kamu, olahraga ringan seperti berjalan kaki maupun jogging bisa menjadi pilihan yang bagus.

Memperhatikan asupan vitamin serta mineral selalu seimbang adalah beberapa tips yang bagus dalam mempersiapkan tubuh buat berpuasa sebulan penuh. Jika kamu engga bisa mencukupi kebutuhan dari santapan serta minuman yang dikonsumsi, suplemen vitamin serta mineral tambahan bisa menjadi Opsi kamu buat melindungi kesehatan tubuh sebelum berpuasa. Persiapan tubuh yang total serta daya tahan tubuh tentunya juga Butuh ditingkatkan agar ibadah tidak terganggu akibat kesehatan Anda yang menurun.

Semoga di lancarkan ibadah puasa Ramadhan nya dan mendapat hasil yang baik di mata Allah SWT. Amin ya robbal'alamin.  Wassalamu'alaikum wr.wb

Cara Sehat Menjalankan Ibadah Puasa