Saturday, September 2, 2017

Kenali Gejala Awal Penyakit Kanker Payudara

Sebenarnya di fase dini, gejala awal penyakit kanker payudara di biasanya tak mendatangkan tanda apa pun. Oleh sebab itu, penting Guna melaksanakan deteksi awal penyakit kanker payudara, termasuk melaksanakan Periksa Payudara Sendiri ( SADARI) serta pemeriksaan payudara di fasilitas kesehatan secara rajin.

Gejala Awal Penyakit Kanker Payudara


Gejala Awal Penyakit Kanker Payudara
Gejala Awal Penyakit Kanker Payudara

Semacam kanker di umumnya, penyakit kanker payudara ialah infeksi yang susah dideteksi di Fase dini. Tanda biasanya baru terasa Ketika sel kanker telah mulai Menyebar serta terasa. Oleh karena itu, selain waspada terhadap sesuatu yang tidak normal yang mungkin terjadi, pemeriksaan payudara secara terus-menerus dibutuhkan supaya tanda awal penyakit kanker payudara bisa Cepat terdeteksi.

Berikut panduan tentang tanda-tanda yang bisa menjadi tanda awal penyakit kanker payudara:
  1. Perubahan di puting, semacam puting yang melesak, terasa Nyeri, mengeluarkan cairan, maupun terasa gatal.
  2. Terdapat benjolan di payudara atau ketiak yang tak hilang Seusai fase datang bulan. Lebih jauh, sebenarnya terdapat banyak penyebab terdapat benjolan di payudara. Benjolan yang adalah kanker cenderung akan terasa keras, tak terasa nyeri, serta dengan pinggiran yang tak rata. Akan tetapi terdapat juga benjolan kanker yang terasa Sakit, lunak, serta dengan pinggiran yang rata. Inilah yang menjadi sebab Kenapa seusai merasakan terdapat benjolan di payudara, penting guna cepat memeriksakan ke dokter untuk mendeteksi semua kemungkinan Semenjak awal.
  3. Terdapat ruam di atau di antara puting.
  4. Kemudian, Meskipun mungkin belum terasa ketika diraba, namun benjolan ini bisa terdeteksi jauh-jauh hari lewat mammogram. Maka dari itu, pemeriksaan secara terus-menerus memakai mammogram memberikan lebih banyak kesempatan untuk para Penderita untuk bisa mendeteksi tanda awal penyakit kanker payudara bahkan sebelum terasa.
  5. Payudara terasa sakit terus menerus. Meski demikian, payudara yang nyeri bisa juga disebabkan oleh hal-hal lain, semacam pemakaian pil kontrasepsi, program kesuburan, pemakaian bra yang tak sesuai, kista, maupun stres. Guna memastikan penyebab, terdapat baiknya cepat periksakan diri ke dokter.
  6. Terdapat cekungan di payudara.
  7. Ada ruam bersisik di puting. Kondisi ini adalah tanda infeksi Paget’s, yang bisa Berhubungan dengan terdapat penyakit kanker payudara.
  8. Payudara berubah dalam hal ukuran, permukaan, tekstur, maupun suhu. 
  9. Permukaan kulit payudara yang berlubang-lubang kecil, semacam kulit jeruk serta berwarna kemerahan ialah Ciri penyakit kanker payudara fase lanjut.
  10. Timbul cairan dari puting yang berwarna, jernih, maupun berdarah. Selain sebab sel kanker, cairan payudara juga bisa terjadi sebab Penyakit.
  11. Terdapat permukaan payudara yang Terlihat berbeda dengan area keseluruhan.
Terdapat sel kanker tak timbul sebagai benjolan yang besar di payudara, namun telah menyebar lewat kelenjar getah bening ke tulang leher maupun ketiak serta menyebabkan benjolan di area tersebut. Oleh Karena itu, Walau di wanita 90 % benjolan di payudara bersifat bukan kanker, namun untuk memastikannya, lebih baik cepat periksakan diri ke dokter. Kemudian, tak Cuma di perempuan, walau tak umum, penyakit kanker payudara juga bisa terjadi di laki-laki dengan tanda awal kurang lebih sama.

Baca juga : " Efek samping daun salam "

Ketika memeriksakan tanda-tanda yang seseorang rasakan atau menduga sebagai tanda awal penyakit kanker payudara ke dokter, pertama-tama dokter akan melaksanakan pemeriksaan Tubuh dengan memeriksa permukaan payudara, puting, serta ketiak. Dokter juga akan menanyakan hal-hal umum, semacam apakah telah mempunyai anak serta menyusui, obat-obatan yang pernah atau sedang dikonsumsi, dan gaya hidup.

Oleh sebab sebagian penyakit kanker payudara berhubungan dengan genetik, maka dokter kemungkinan besar akan menanyakan riwayat kesehatan anggota keluarga. Pemeriksaan dengan mammogram biasanya dipakai guna menemukan serta mendeteksi apakah benjolan di payudara bersifat jinak atau ganas. Ultrasound, MRI, maupun biopsi bisa juga dipakai untuk mengonfirmasi hasil.

Pada akhirnya, merasakan salah satu atau beberapa tanda di atas bukan berarti seseorang dinyatakan merasakan penyakit kanker payudara, Namun tak terdapat salahnya untuk mengantisipasi segala kemungkinan sedini mungkin supaya mendapatkan pengobatan yang tepat. Sebagai pemeriksaan awal di rumah, seseorang dapat memeriksa payudara sendiri dengan memakai tangan guna mendeteksi terdapat benjolan yang tak biasa.

Terimakasih sudah membaca artikel tentang gejala awal penyakit kanker payudara. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk share kepada teman-teman kita sebagai bentuk kepedulian kita.