Tuesday, May 30, 2017

Belum mandi junub saat berpuasa ? Baca nih...

Assalamu'alaikum akhi, ukhti... Makasih masih mau berkunjung ke situs Kopikentalku.blogspot.com . Pada kesempatan kali ini akan ngebahas mengenai muslim belum mandi junub saat berpuasa. Apa puasanya masih sah ? Apalagi jika mandi junub belum di lakuin sampe terbitnya fajar ? Beberapa orang pasti ada yang masih bertanya-tanya. Ini guy's pembahasannya yang di ulas secara sederhana.Belum mandi junub saat berpuasa 
Belum mandi junub saat berpuasa
Belum mandi junub saat berpuasa


Umat muslim emang engga di larang buat nglakuin hubungan pasutri saat malam hari ketika bulan Ramadhan. Di dalam Alquran Surah Albaqarah ayat 187 menjelaskan bahwa : "Dihalalkan bagi kamu mencampuri istri- istrimu pada malam hari bulan puasa"

Drs H Fathurrahman Azhari Mhi mengatakan, ayat tersebut menjelaskan hukum bolehnya bercampur suami dan istri ketika malam hari, yang berarti dilarang saat siang hari.

So, apakah sah puasa seorang muslim Jika belum melakukan mandi wajib sampai fajar?

Belum mandi junub saat berpuasa


Apabila seseorang melakukan hubungan suami istri di akhir malam dan selesai menjelang terbit fajar, akan tetapi engga sempat untuk mandi wajib, puasanya tetap sah. Puasa emang engga mengharuskan seseorang junub untuk mandi wajib. Akan tetapi seseorang yang junub engga sah sholatnya," terang Fathurrahman.

Hadis Nabi Muhammad SAW: "Barang siapa yang berjumpa dengan subuh dalam keadaan junub, maka janganlah ia berpuasa". (Abu Hurairah)


Suatu saat seseorang menemui Ummu Salamah serta Aisyah dan bertanya terhadap keduanya mengenai masalah tersebut. Mereka menceritakan bahwa Rasulullah SAW pernah saat subuh dalam keadaan junub yang bukan di sebabkan oleh mimpi, lalu Beliau tetap berpuasa.

Oleh sebab itu, diperbolehkan bagi seseorang yang sedang menjalankan ibadah puasa untuk mandi junub seusai masuk waktu fajar.

Akan tetapi seseorang yang mandi pada pukul 08.00 Wita maupun pukul 12.00 Wita, berarti engga melaksanakan sholat subuh. Ini dosa besar.

So, jangan sampai cuma karena malu terhadap orang lain hingga mengakibatkan seseorang menunda sholat subuh.

Yang terbaik ialah lekas mandi junub serta menjalankan sholat subuh di awal waktu.

Semoga setiap ibadah kita di terima oleh Alloh SWT. Amin ya robbal ' allamin. Wassalam...

"Belum mandi junub sampai siang saat berpuasa"